Rabu, 17 Desember 2008

Buah sehat dan manfaatnya

Duh gara2 bikin article ttg diet dan hidup sehat kemaren, makin terpacu gw untuk menerapkannya..yg pasti banyak manfaat yg bisa kita peroleh dari pola hidup sehat itu..dan ini ada article yg bisa diintip juga..

Buah-Buah an

Dan ini gw tambain nih sedikit article tentang buah-buahan yg baik untuk diet.

Walau hampir semua buah mengandung serat, air serta nutrisi yang dapat membuat kita merasa kenyang. Tak heran jika buah direkomendasikan sebagai bahan makanan yang paling manjur untuk membantu menurunkan berat badan. Namun diantara sekian banyaknya buah, ada beberapa buah yang dianggap memiliki kekuatan super yang dapat membantu mempercepat program penurunan berat badan kita. Jenis buah tersebut adalah:


Grapefruit

Studi menunjukkan bahwa grapefruit mengandung senyawa asam yang dapat menghambat absorpsi kalori lemak yang terkandung dalam makanan.

Jeruk

Dibandingkan buah lain, jeruk mengandung serat paling tinggi. Serat yang terdapat dalam jeruk adalah serat yang larut dala air sehingga dapat mengurangi keinginan seseorang untuk mengkonsumsi karbohidrat.

Apel

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang makan apel sebelum makan, berat badannya akan turun sampai 33% dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi apel sebelum makan.

BerryRaspberry, balckberry, blueberry serta stroberi

merupakan sumber makanan yang paling kaya dengan kandungan antioksidan yang dapat memacu metabolisme tubuh.

Semangka

Buah yang 92% terdiri dari air ini dapat dengan cepat mengaktifkan reseptor di dalam perut untuk mengirimkan sinyal kenyang pada otak.

Anggur

Kandungan antioksidannya, selain dapat mencegah gula darah menjadi lemak dalam perut, anggur juga dapat mencegah pembentukan lemak di dalam perut.


Manfaat Mengkonsumsi 5 Porsi Buah dan Sayur.

gw tambahin lagi nih article tentang pentingnya konsumsi buah..dan ternyata yg baik itu, 5 buah per-hari lho..waaww..bukan 5 daging per-hari ya??hehehhe..manfaatnya adalah :

· Terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti penyakit kardiovascular, kanker, diabetes dan gangguan pencernaan.

Survei di Amerika menyatakan bahwa resiko terkena penyakit kardiovascular dapat berkurang bila mengkonsumsi lebih dari 3 porsi buah dan sayur. Badan Penelitian Penyakit Kanker Dunia juga memperkirakan resiko terkena semua jenis kanker dapat berkurang sampai dengan 20%dengan makan sampai 5 porsi atau lebih buah dan sayur. Studi juga menunjukkan makanan berserat tinggi membantu kita terhindar dari penyakit diabetes dan kanker usus besar. Lebih lanjut dikatakan bahwa jenis kanker ini sangat jarang dijumpai di negara-negara yang diet tradisionalnya terutama terdiri dari makanan serelia, buah-buahan dan sayur-sayuran.

· Kelebihan berat badan menyingkir dengan sendirinya.

Hal ini dikarenakan buah dan sayur mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah. Buah dan sayur adalah makanan bebas lemak, kalaupun mengandung lemak adalah lemak yang baik untuk kesehatan kita. Dengan mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah setiap hari terjadi penurunan asupan kalori yang membuat tubuh membakar lemak dalam tubuh kita ketika kalori yang kita keluarkan lebih banyak dari kalori makanan yang masuk.

· Berat badan terkontrol.

Kandungan serat yang tinggi dari 5 porsi buah dan sayuran menyebabkan kita merasa kenyang sehingga kita tidak makan snack berkalori tinggi dan berat badan kita pun terkontrol.

· Buang air besar lancar setiap hari.

Tingginya serat sayur dalam 5 porsi buah dan sayur menyebabkan proses metabolisme bekerja dengan lancar. Proses buang air besar pun mudah. Kotoran yang keluar tidak keras dan tubuh kita pun sehat. Kita terhindar dari penyakit wasir atau bagi yang telah mempunyai masalah dengan wasir, dapat terhindar dari kondisi yang lebih parah (membesar atau berdarah).


ayo marii kita rame-rame beli buah-buahan yg banyak..
5 buah nih tiap hari..waw,pe-er juga tuh ya??hohohoho

Tidak ada komentar: