Sabtu, 22 November 2008

Olympus centre

ini adalah kisah nyata, hehehhee, cerita yg berisikan tentang komplain gw ke Olympus..tentang olympus centre satu-satunya di Indonesia

Cerita berawal dari rusaknya kamera pacar gw..kamera itu dibeli di Mall Kelapa Gading 2 Jakarta pada tanggal 27 November 2007..Kamera dibeli karena kamera ini tahan air pada kedalaman 5 meter dan bisa dibawa ke kedalaman 30 meter kalau beli chasing nyelamnya..karena pacar gw kerja sebagai penyelam, makanya dia beli juga chasing selam tersebut..total pembelian semua itu nyaris 6 juta..

Setelah membelinya, kamera langsung dibawa ke padang sama pacar gw karena memang dia berdomisili di padang..awalnya tidak kenapa2 sama kamera bagus itu..sampai suatu saat kamera itu dibawa nyelem sama pacar gw dan tim nyelemnya..karena tidak pernah merasa khawatir akan kamera ini kalo dibawa ke air (karena tahan air) jadi mereka santai2 saja alias tidak begitu keras dengan perawatannya..

Ternyata salah, entah kenapa pas suatu ketika dibawa nyelam, kamera nya mati total dan tidak mau hidup lagi..alhasil kamera itu pun segera dibawa ke UGD di Jakarta, hehehhee, alias dibawa ke toko olmpusnya untuk perbaikan tentunya..

Setelah kamera itu sampai ke jakarta, gw langsung ke toko waktu gw beli kamera itu yaitu di mall kelapa gading 2..sesampainya disana, gw diberi penjelasan klo mereka tidak bisa men-service kamera itu, mereka hanya menjual produk saja, dan sebaiknya dibawa ke olympus centrenya aja..ato klo udah ga garansi, dibawa ke pasar baru saja, yang memang tempatnya toko-toko jual kamre dan service kamera..

Akhirnya gw berniat untuk datang ke olympus centre tersebut, gw liat surat garansi nya, dan cukup terkaget, karena olympus centre se-Indonesia hanya punya 1 tempat..alias berarti, seluruh orang se-Indonesia harus benerin kameranya hanya bisa ke satu tempat saja, tidak ada di tempat yg lain..gw jadi mikir :

1. Olympus memang produk yg bagus banget, ampe-ampe hanya punya 1 tempat service centre karena tidak banyak pelanggannya yg rusak kameranya..

2. Olympus tidak profesional melayani pengaduan dan memberikan pelayanan pada pelanggan yang kameranya rusak

well, i really dont know ttg kenapa nya sih..tapi gw lebih mikir ke option no 2..
okay..dilanjutin lagi ceritanya..
akhirnya gw mulai membaca alamatnya JL. Gunung Sahari Raya no 78 lantai 3A Jakarta
Dan biar ga nyasar gw telp service centre nya untuk memastikan keberadaan gedung mereka dimananya..
Dan untuk informasi..mereka hanya buka hari kerja dari jam 8 ampe 4-30 sore saja..sangat singkat ya jam kerja mereka, tidak 24 hours..ato setidaknya sabtu minggu buka kek (soalnya waktu itu gw pernah telp hari sabt dan minggu tidak pernah diangkat)


Akhirnya suatu hari, setelah pulang klinik, gw menyempatkan diri pergi ke olympus center tersebut, mumpung garansi nya masih ada..untungnya alamatnya engga jauh-jauh dari kawasan gw tinggal (kelapa gading), jadi pas perjalanan pulang klinik mau ke rumah, bisa sekalian mampir ke olympus centre nya deh..

Setelah mencari2..sempet kena macet juga karena ambil puteran baliknya kejauhan..akhirnya ketemu juga sama gedungnya..tapi kok aneh..tampak depan gedungnya tidak mencerminkan ada olypus centre di dalamnya..sama sekali tidak ada bacaan ato plang olympus centre di depan gedung itu..yg ada malah BANK MEGA..apa bener ini gedungnya yah?? berikut adalah gambar gedungnya..

Karena merasa cukup yakin sama alamatnya..akhirnya gw parkir di gedung itu..dan untuk meyakinkan lagi, gw tanya sama satpam gedung itu, apa bener ada olympus centre di gedung tersebut..pak satpam menjawab ternyata memang benar ada..dan gw sempet bilang "kenapa ga ada plang nya ya pak?" pak satpam cuma jawab "oh iya tuh gatau"

Sesampainya di dalam gedung, gw langsung ke arah lift dan masuk ke lift dan memencet 3A..sesampainya di lantai tersebut, gw langsung diperlihatkan dengan pemandangan berilut ini:


Okeeeehhhh...ternyata olympus sangat ga modal..pemberitahuan arah adanya olmpus centre baru ada di sini, di lantai 3A ini..parrraahhh..
udah ga ada service centre di tempat lain (cuma ini satu-satu nya se-Indonesia), ga ada plang di depan gedung, ga ada bacaan di depan lift, dan yang ini juga cuman pke kertas selembar..PARRAAHH..

Akhirnya gw pun masuk ke dalam ruangan tersebut, ruangannya cukup kecil, cuman 5x10 meter mungkin..dan inilah pemandangannya..memang tidak banyak pelanggan ygdatang kesana, mungkin karena kamera nya sangat bagus ampe jarang rusak ato ya males ke service centre nya karena kejauhan dan ga punya cabang lain..hehehhehehe..

Setelah memberikan kameranya ke pihak olympus..Pihak olympus memberikan janji kalau 3 hari lagi akan ditelp untuk dikonfirmasi kenapa dan apa yg rusak dari kameranya..dan lamanya perbaikan, paling lama adalah satu bulan..

Dan memang setelah itu, 3 hari kemudian gw mendapat telp tentang penjelasan apa saja yg rusak dan berapa biaya-nya..karena gw bilang masih garansi spare-part dan berarti tidak mengeluarkan biaya perbaikan, alhasil mereka mau mengecek ulang dan akan menelefon gw kembali..tapi telp itu tak kunjung tiba..sudah seminggu ditungguin tetep ga ditelp..akhirnya gw telp olympus lagi untuk memastikan bagaimana keadaan kamera pacar gw..tenyata kamera pacar gw beneran bebas biaya, alias masih garansi..syukurlahhhh..

Setelah itu, sekitar 5 hari kemudian, gw diteleponin kameranya udah selesai..dan ternyata memang tidak sampai satu bulan, mereka sudah dapat membenarkannya..dan ternyata karena kamera nya parah banget rusaknya, jadi kita dapet kamera baru deeehhh...hehhehehhee..tapi yg tadinya warna biru diganti ke warna silver (dengan memang sudah persetujuan gw kok)..yapsss..akhirnya bener lagi deh kameranya..

Memang, service olympus termasuk bagus, tepat waktu..namun, yang sungguh disayangkan hanya itu, kenapa tempatnya terkesan terpencil dan hanya punya satu service centre se-Indonesia??

well..intinya mah, jangan ampe kamera nya ruusak lagi ya pacarku..karena udah ga bergaransi lagi sekarang (garansi spare-part 1 tahun (habis 27 nov 2008), garansi service 2 tahun (habis 27 november 2009))..mana kalo rusak kudu kirim lagi kan kameranya dari padang ke jakarta, jauh kan??hehhehhehe..dijaga baik2 ya..jangan lupa di cotton-bud-in semua lobang di kamera itu klo habis kena air, walopun kameranya anti air ternyata ga seindah di-iklan, okey?? hehhehehhee

2 komentar:

uthekasep mengatakan...

Mas/Bapak,

Kalo boleh bantu saya dong. Saya minta nomor telp Service Center yang di Gunung Sahari. Karena menurut info yang ada di Ratu Plaza, bahwa disana sudah tidak ada lagi. Sedangkan nomor yang di Gunung Sahari gak ada yang angkat. Mungkin Mas/Bapak punya CPnya dan Nomornya sekalian.


Regards,
Luther T. Ketting Olivier

Anonim mengatakan...

Olympus Service Center
OCCI Konica Building Floor 3A
JL. Gunung Sahari No.78
JAKARTA 10610 Indonesia
Tel :(62) 21-426 3390
E-mail :info@olympus.co.id